Minggu, 20 Januari 2019
Hukum

Proyek Provsu Ajaib, Diduga Terinfeksi Komplikasi Kejanggalan

Foto: Pembangunanan MCK dengan Kombinasi Ipal di Kelurahan Pasar Telukdalam, Telukdalam, Kab. Nias Selatan, Tahun 2018
190views

Nias Selatan, GlobalniasIndocom

Pembangunan MCK dengan kombinasi IPAL , program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SANIMAS) PSDA Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2018, berlokasi di jalan Baru berkisar 200 meter dari Pasar Jepang, Kelurahan Pasar Telukdalam, Kecamatan Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, memicu tanda tanya publik karena papan informasi proyek tidak pernah terlihat di lokasi. Benarkah isu bahwa hasil pelaksanaannya diduga mengandung berbagai kejanggalan ?

Menurut Gowasa pada pagi ini (27/11/2018), melalui handphone selulernya, disebutkannya, proyek ini pelaksanya adalah orang Medan dan saya hanya sebagai pelaksana tempelan.
Mengenai papan informasi proyek ada tetapi setelah fotonya diambil sebagai dokumen, lalu papan informasi itu dibuka dan ditaruh didapur, ujarnya.

Menurutnya, proyek MCK kombinasi IPAL ini mempunyai biaya pagu dana sebesar 902 Juta, namun perusahaan apa pelaksananya, enggan disebutkannya. Hanya diberitahukannya bahwa nama perusahaan yang mengerjakan proyek MCK tersebut adalah perusahaan yang sama pada proyek di jalan Baloho. Gowasa mengatakan bahwa proyek ini merupakan program dari PSDA Provinsi Sumatera Utara, ungkapnya.

Sejumlah masyarakat setempat mengatakan, mengenai papan informasi proyek tidak pernah terlihat sejak awal pekerjaan, ditambahkannya, kamipun tidak tahu bahwa pembangunan itu adalah merupakan bangunan pemerintah, sebutnya.

Nara sumber lain yang layak dipercaya, sangat heran pemakaian besi pada proyek itu banyak ragam ukurannya. Disebutkannya, pada pembesian proyek tersebut diduga adanya ukuran besi 12 mil palsu, tegasnya.

Demikian juga pada hasil pemantauan media Globalnias Indocom pada pekan lalu di lokasi, pada proyek itu terlihat pemasangan besi yang beragam ukuran diametarnya.

Selanjutnya… media Globalnias Indocom akan konfirmasi kepada pihak terkait lainnya untuk pengembangan informasi.
(CHL)

Lewat ke baris perkakas