Minggu, 20 Januari 2019
Hukum

Pj. Kepala Desa Oladano – Somambawa Diduga Tidak Serius Laksanakan Silpa Dana Desa Tahun 2017

Foto: Pembanguan Balai Desa Yang Masih Belum Dilanjutkan Pelaksanaannya
172views

Nias Selatan, GlobalniasIndocom

Saat wartawan konfirmasi kepada kepala desa Ola Dano, kecamatan Somambawa, Nias Selatan, dua pekan lalu. Kepala Desa lama, Ibu M. Lase menyebutkan, uang sebesar 305 juta diperkirakan telah diterima oleh Pj. Kepala Desa yang baru yaitu Lauzatulo Ndruru. Dia berharap agar sisa volume pembangunan balai desa dan sisa volume pembangunan saluran drainase yang tidak sempat terlaksana pada tahun anggaran 2017 kiranya dilanjutkan pekerjaannya, termasuk pembayaran hutang tahun 2017 sebesar 55 Juta Rupiah lagi agar dituntaskan melalui sisa/silfa Dana Desa 2017.

Mantan Kepala Desa Ola Dano, Murniati Lase dijelaskannya bahwa masih ada pengeluaran uang pada masa dia menjabat tahun anggaran 2017 untuk keperluan kegiatan pemerintahan desa sebesar berkisar 55 Juta Rupiah, sampai saat ini masih belum tergantikan hutang tersebut. Dia berharap kepada Pj. Kepala Desa yang baru kiranya uang tersebut dapat dibijaksanakan pengembaliannya melalui sisa/silfa Dana Desa Oladano tahun 2017, jika Dana Desa tersebut telah diterima pada tahun 2018 ini, keluhnya.

Murniati Lase memaparkan, pelaksanaan Dana Desa Ola Dano Tahun Anggaran 2017 tidak terlaksana seratus persen karena Dana Desa yang berhasil ditarik pada saat itu hanya tahap pertama sebesar Rp. 340.141.100,-. Sisa uang yang tidak sempat ditarik pada akhir tahun 2017 tersebut telah menjadi silfa Dana Desa Ola Dano untuk direalisasikan pada tahun berikutnya.

Ketua TPK yang lama , S. Tafonao mengatakan saya tidak tahu apa alasan mengapa Pj. Kepala Desa yang baru belum melanjutkannya, sementara dari jumlah pagu dana 319 Juta Rupiah anggaran pembangunan balai desa pada tahun 2017 tersisa sebesar 187 Juta lagi. Begitu juga pembangunan saluran drainase sepanjang 385 meter dengan jumlah pagu dana sebesar 209 Juta Rupiah, masih ada sisa anggaran yang masih belum terserap sebesar 121 Juta Rupiah lagi, dan mengenai hal itu saya tidak tahu mengapa belum ada musyawarah di desa hingga saat ini, tandasnya.

Saat wartawan tinjau pembangunan balai desa Ola Dano tersebut, diketahui bahwa Kepala Desa yang baru masih belum mengerjakan lanjutan pembangunan Balai Desa tersebut.

Pj. Kepala Desa Oladano yang baru, Lauzatulo Ndruru, belum lama ini, melalui handphone seluernya, diakuinya bahwa sisa/silfa Dana Desa tahun anggaran 2017 telah diterima pada bulan Juni/Juli 2018 lalu dengan jumlah uang sebesar 300 Juta Rupiah lebih.

Menurut Pj. Kepala Desa yang baru, Lauzatulo Ndruru mengatakan bahwa Lanjutan pembangunan balai desa tahun 2017 tersebut belum dilanjutkan dengan alasan alas hak. Sementara lanjutan pembangunan saluran drainase tahun 2017 telah dilaksanakan, ujarnya.

Lewat ke baris perkakas