Minggu, 20 Januari 2019
Uncategorized

Event Pesta Ya’ahowu Nias Festival Tahun 2018 Dibuka Oleh Gubernur Sumut

Foto: Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi ketika event Pesta Ya'ahowu Nias Festival 2018 di Kabupaten Nias Selatan (17/11/2018)
142views

Nias Selatan, GlobalniasIndocom

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi membuka secara resmi “Yaahowu Nias Festival Tahun 2018” yang dipusatkan di ibukota Kabupaten Nias Selatan (Telukdalam), Provinsi Sumatera Utara.

Pembukaan yang digelar pada Sabtu (17/11/2018) dihadiri sejumlah undangan dari perwakilan Kementerian Republik Indonesia, Brigjen Pol Bahagia Dachi, Forkopimda se-Kepulauan Nias, para pimpinan SKPD se-Kepulauan Nias, tokoh masyarakat, agama, ormas dan ribuan masyarakat dari berbagai elemen lainnya.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didalam sambutannya mengatakan, Saya sudah enam kali datang ke Pulau Nias termasuk pada masa kampanye sebagai Calon Gubernur kemarin, ternyata menang hingga saya datang lagi dan kembali ke Pulau Nias dalam rangka acara Yaahowu Nias Festival tahun 2018 yang digelar saat ini.

Edy Rahmayadi dikatakannya, dari semua wilayah demografi Kepulauan, Niias tak bisa diragukan keindahan alam dan budayanya yang luar biasa. Nias adalah surga kecil yang diberikan Tuhan, jadi orang luar tidak boleh memandang Nias ini kecil, tegasnya.

Ditambahkannya, Kepulauan Nias merupakan daerah teritorial Sumatera Utara dan Nias juga punya potensi sangat besar yang memang harus dikembangkan. “Saya sudah berjanji untuk berbuat di Kepulauan Nias ini”. Untuk menjadikan pulau Nias menjadi daerah pariwisata. “Jadikan tempat ini yang damai, terima orang luar dengan baik sehingga Nias semakin maju ke depan.

Ketua Umum Panitia Yaahowu Nias Festival tahun 2018, Sozanolo Ndruru mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak hingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha juga mengucapkan terimakasih atas terlaksanannya Yaahowu Nias Festival di Kepulauan Nias yang dipusatkan di Kabupaten Nias Selatan sebagai Tuan Rumah pada tahun 2018.

Selain itu, Ketua DPRD Nias Selatan, Sidiadil Harita mengajak masyarakat Nias Selatan khususnya, untuk menyukseskan acara Yaahowu Nias Festival dan menciptakan Sapta Pesona selama berlangsungnya event ini di Kabupaten Nias Selatan.

Event pembukaan Yaahowu Nias Festival 2018 yang salah satu tujuannya untuk membangkitkan semangat dan keterpaduan budaya tradisional asli masyarakat Nias ini diwarnai berbagai atraksi budaya dari 5 kabupaten / kota di Kepulauan Nias . Diantaranya, atraksi budaya yang paling memukau yakni budaya tari perang dan lompat batu yang ditampilkan oleh Kabupaten Nias Selatan, atraksi budaya yang ditampilkan oleh 4 kabupaten / kota lainnya juga sangat menarik simpatisan para penonton.

Event Pesta “Ya’ahowu Nias Festival tahun 2018” tersebut berlangsung pada 16 – 20 November 2018, sementara untuk tahun depan (2019) akan dilaksanakan di Kabupaten Nias Barat.
(CHL)

Lewat ke baris perkakas