Minggu, 20 Januari 2019
Uncategorized

RSUD Lukas kurang SDM, perlu perhatian Pemda

Foto: Pantauan di RSUD Lukas - Nias Selatan (15/11/2018)
284views

Nias Selatan, GlobalniasIndocom

Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Nias Selatan (NISEL) sangat membutuhkan perhatian serius dari Kepala Daerah Nias Selatan demi mengurangi beban masyarakat, pasien masih dirujuk ke Rumah Sakit Umum Kota Gunungsitoli.

Atas pantauan Media Globalnias Indocom di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lukas yang berlokasi di wilayah desa Hilisimaetano, kecamatan Maniamolo, pada Kamis siang (15/11/2018). Terungkap bahwa sarana peralatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah tersebut telah lengkap bahkan peralatan medis yang telah ada itu sudah tergolong tipe C. Namun yang menjadi faktor utama melemahnya pelayanan yakni akibat sangat kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Tata Usaha Rumah Sakit Daerah Lukas kabupaten Nias Selatan ketika dikonfirmasi, Kristalina Dakhi menjelaskan, mengenai sarana peralatan medis telah tersedia dengan lengkap bahkan sudah tergolong tipe C, yang menjadi kendala urgensi selama ini yaitu Dokter spesialis beserta petugas spesialis yang berkaitan tidak ada, termasuk Apoteker spesialis tidak ada. Adapun 5 Dokter yang telah ada semuanya Dokter umum, begitu juga petugas Apoteker yang ada hanya asisten (D-3), termasuk pelayanan rontgen juga masih ada kendala.

Kendala urgensi lainnya, kondisi daya listrik di Rumah Sakit itu sangat tidak memenuhi kebutuhan karena belum memiliki travo tersendiri. Selain itu, dari sejumlah sarana transportasi mobil yang telah tersedia hanya 1 (satu) unit mobil pasien yang dapat digunakan, yang lainnya butuh perbaikan dibengkel.

Sarana ruangan operasi juga masih sangat dibutuhkan perbaikan atau penambahan, dan termasuk pagar keliling Rumah Sakit Umum Lukas tersebut sangat dibutuhkan demi pengamanan.

Mengenai perawat dan petugas kesehatan lainnya di Rumah Sakit Umum tersebut sudah memadai, seperti PTTD berjumlah 85 orang dan PNS berkisar 52 orang.

Rumah Sakit Umum Daerah Lukas telah menjadi UPTD yang dibawahi langsung oleh Dinas Kesehatan Nias Selatan, termasuk anggaran / keuangan dan obat – obatan telah disatukan dibawah naungan Dinas Kesehatan Nias Selatan bukan lagi satu SKPD, artinya semua tahapan proses kebijakan wajib melalui Dinas Kesehatan Nias Selatan, ujar KTU.
(Red/Tim)

Lewat ke baris perkakas