Minggu, 20 Januari 2019
Uncategorized

Mengapa Pasien Nisel Bukan Dirujuk Ke RSUD Lukas Tapi Ke Rumah Sakit Umum Kota Gunungsitoli ?

Foto: Mobil yang dipergunakan Kadiskes pada saat hendak konfirmasi (14/11/2018)
501views

Nias Selatan, GlobalniasIndocom

Masih tanda tanya misterius.. mengapa para pasien dari Kabupaten Nias Selatan masih dirujuk ke Rumah Sakit Umum Kota Gunungsitoli ?.. sementara Kabupaten Nias Selatan telah mempunyai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lukas di Hilisimaetano, Kecamatan Maniamolo.

Hal ini terungkap dari hasil pantauan Media Globalnias Indocom belum lama ini, para pasien yang menjalani proses medis dengan tahapan bedah atau berjenis penyakit berat lainnya mengeluh dan kecewa, disamping membutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit juga menjalani jarak tempuh berkisar 110 kilometer dari Ibukota Kabupaten Nias Selatan (Telukdalam) ke Gunungsitoli (Kota Gunungsitoli) untuk memenuhi rujukan penanganan medis ke Rumah Sakit Umum Kota Gunungsitoli.

Para pasien yang dirujuk tersebut bersama keluarga yang ikut mendampinginya tak jarang menyebut “apasih fungsi Rumah Sakit Umum Daerah Lukas yang berlokasi di Kecamatan Maniamolo (Desa Hilisimaetano)”.

Bukan hanya itu, masih ada informasi terkait lainnya yang masih belum diuraikan pada edisi ini karena dalam tahapan pengembangan yang sifatnya lebih akurat.

Kepala Dinas Kesehatan Nias Selatan (Nisel) Megawati You, tiga kali berturut – turut untuk mau dikonfirmasi di kantor Dinas Kesehatan Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, namun tidak berhasil.

Selasa (13/11/2018) menjelang siang, pada saat hendak ditemui di ruang kerjanya gagal untuk dikonfirmasi karena Kadis Kesehatan buru – buru keluar dan menurutnya ada rapat penting di kantor Bupati. Selanjutnya, Rabu pagi (14/11/2018) juga tidak berhasil dikonfirmasi karena beliau tidak berada di kantor. Disusul pada Rabu sore (14/11/2018) berkisar pukul 14:30 Wib juga tidak berhasil dikonfirmasi karena Kadis tersebut juga terlihat buru – buru, setelah keluar dari ruang kerjanya, berkisar 3 menit kemudian langsung keluar dan masuk ke mobil lalu meninggalkan kantor Dinas Kesehatan.
(Red)

Lewat ke baris perkakas