Minggu, 20 Januari 2019
Hukum

Dibalik Gedung Baru SDN 071097 Oknum Kasek Dilaporkan Di Polres Nisel

Foto ketika konfirmasi di Sat Reskrim Polres Nias Selatan (12/10/2018)
Foto Kepala SDN 071097 ketika dikonfirmasi (11/10/2018)
Foto: Gedung baru SD 071097 (SD- 1) Kota Telukdalam ketika ditanami pohon pisang
629views

Nias Selatan, GlobalniasIndocom

Dibalik polemik legalitas pertapakan gedung sekolah baru berujung Kepala Sekolah SDN 071097 dilaporkan di Polisi, Penyidik Polres Nias Selatan mengatakan wajib diproses.

Penelusuran atas pengaduan Jefri T.Gari (53) di Polres Nias Selatan (Nisel), dengan Surat Tanda Terima Laporan Pengaduan Nomor STTLP/146/X/2018/SPK”C”/SU/Res-Nisel, Tanggal 02 Oktober 2018, Nomor: LP/174/X/2018/SPK”C”/SU/Res-Nisel, Tanggal 02 Oktober 2018.

Isi laporan pengaduan yakni Peristiwa Tindak Pidana Dugaan Melakukan “PENGRUSAKAN TANAMAN” dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Jalan Nari – Nari di SDN 071097 atau (SD Negeri- 1 Kota Telukdalam) yang berlokasi di wilayah desa Nanowa, Waktu Kejadian Senin Tanggal 24 September 2018, Pukul 7:30 Wib. Sebagai korban yaitu Jefri T. Gari yang juga sebagai pelapor dan sebgai terlapor berinisial YHS.

Konfirmasi wartawan, Jumat 12 Oktober 2018, bertempat di Sat Reskrim Polres Nias Selatan. Menurut Mualando yang menyebut dirinya sebagai Brigader Satreskrim (penyidik – red)i, disebutkannya bahwa Laporan Pengaduan terkait Pengrusakan Tanaman milik Jefri T.Gari tersebut sedang dalam tahapan interogasi, hal ini wajib kita proses, minggu depan diupayakan akan dilakukan pemanggilan pelapor serta saksi, ujarnya.

Menjawab pertanyaan wartawan, Kepala Sekolah berinisial (YHS), Kamis 11 Oktober 2018, di ruang kerjanya, dibenarkannya bahwa dia bersama Jefri Gari telah dipanggil di Reskrim Polres Nias Selatan berkisar satu minggu yang lalu terkait laporan perusakan tanaman Jefri, dibenarkannya juga bahwa pihak Polres Nias Selatan baru baru ini pernah ke sekolah tempat kejadian, namun pada saat itu telah pulang sekolah.

Masih di ruang kerjanya, SDN 071097 (SD – 1 Kota Telukdalam) lokasi desa Nanowa, Nari-Nari, Kecamatan Telukdalam, Kepala Sekolah (YHS) mengatakan, sebagai Kepala Sekolah sebelumnya telah disurati oleh Jefri Gari sekitar bulan Juli 2018 bahwa tanah gedung sekolah tersebut adalah tanah miliknya Jefri, dan surat tersebut telah diberitahukannya kepada Sekretaris Dinas Pendidikan Nias Selatan.

Dilanjutkannya, surati Jefri Gari berikutnya tentang pemberitahuan bahwa halaman sekolah akan ditanami tanaman oleh Jefri Gari, dan hal ini juga telah disampaikannya lagi di Dinas Pendidikan,.Namun sampai Jefri Gari menanami tanaman bibit kelapa dan pohon pisang di halaman SD itu tidak ada tanggapan dari pihak atasannya, ujarnya.

Kepala Sekolah mengeluh dan disebutkannya, akibat Jefri Gari menanami pohon pisang dan bibit kelapa memenuhi halaman sekolah termasuk di jalan menuju kantor ketika itu anak-anak sekolah sering terjatuh bahkan sebagai Kepala Sekolah dia sendiri pernah terjatuh, bahkan termasuk tempat upacara bendera tidak ada.. Atas kejadian ini Kepala Sekolah mengaharapkan pihak atasannya agar masalah ini dapat terselesaikan.

Tanggapan Kepala Dinas Pendidikan Nias Selatan, di ruang kerjanya, Jumat (12/10/2018), Nurhayati Telaumbanua mengataka, mengenai SD tersebut tidak ada masalah, proses belajar mengajar masih aktif sebagai mana mestinya. Ditambahnya lagi, Kepala Sekolah dalam minggu ini barusan kesini, kami tanyakan bagaimana proses belajar mengajar katanya masih aktif. Kalau Jefri Gari melapor…ya itu haknya silakan saja, tutupnya.
(Aperius Gulo)

Lewat ke baris perkakas