Minggu, 20 Januari 2019
Uncategorized

BUPATI NIAS BARAT BUKA RESMI FESTIVAL PESONA AEKHULA

Foto: Agenda Festival Pesona Aekhula (11/10/2018)
Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely ketika pembukaan Festival Pesona Aekhula (11/10/2018)
332views

Nias Barat, GlobalniasIndocom

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely,S.Pd buka secara resmi pelaksanaan Festival Pesona Aekhula bertempat di desa Sisarahili I, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Kamis (11/10/2018).

Pada acara yang digelar ini turut dihadiri oleh Kapolres Nias AKBP. Deni Kurniawan, Kasat Korlantas Polres Nias, Kapolsek Mandrehe Iptu. Bruno Harefa, Kapolsek Sirombu AKP. Sontang Tampubolon, Kadis Pariwisata Drs. Hamidalubis Daeli, Sekcam Mandrehe Ernawati Gulo, S.Pd, Kabag Keprotokolan dan Acara Nurlina Gulo, SH, Tokoh Masyarakat desa Sisarahili I Ama Suma Gulo dan Kepala Desa Sisarahili l serta berbagai elemen masyarakat Nias Barat lainnya.

Pada kata sambutannya, Kapolres Nias menyebutkan “sebuah anugerah terindah saya bisa ada disini, sungguh alam Nias Barat indah dan mempesona”, budaya adalah berasal dari peradaban manusia.
Nias merupakan aset yang banyak memiliki situs megalit dan potensi alam berupa pemandangan indah yang begitu banyak. Batu megalit dengan ukuran besar tidak mungkin dulunya bisa dilakukan hanya satu orang melainkan dengan cara bersama – sama (gotongroyong) untuk mengangkat dan memindahkan batu megalit yang ukurannya besar tersebut, ujar Kapolres Nias.

AKBP. Deni Kurniawan menghimbau, warisan nenek moyang kita yang nilainya sangat tinggi, itu harus dijaga dan dipelihara secara bersama – sama oleh seluruh elemen masyarakat.

Mengakiri kata sambutannya, beliau bersyukur bisa ada disini dan Pemerintah Nias Barat patut diapresiasi dalam hal ini Bapak Bupati yang mampu memikirkan bagaimana membangun daerah, khususya sektor Pariwisata dalam konteks Pesona Bumi Aekhula, ini adalah sebuah daya tarik tersendiri yang bisa memberikan nuansa keindahan, kedamaian dan kebahagiaan, pungkas Kapolres Nias Deni Kurniawan.

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely,S.Pd, didalam kata arahannya disebutkan bahwa Festival ini merupakan salah satu promosi Pariwisata terhadap objek – objek wisata di wilayah Kabupaten Nias Barat.
Konteks Pariwisata ini merupakan kegiatan rutin dan Pra Pesta Ya’ahowu yang nantinya akan digelar tahun 2019 di Nias Barat.

Pemerintah Kabupaten Nias Barat sangat serius membangun berbagai destinasi wisata yang ada di Nias Barat, karena sektor ini merupakan aset yang sangat menjanjikan buat kemajuan dan perbaikan perekonomian masyarakat kedepan. Bupati Nias Barat Faduhusi Daely dijanjikannya, pada tahun 2019 mendatang diusahakan pembangunan jalan yang diperkirakan 800 Meter menuju lokasi ini, bisa di aspal, ujarnya.

Bupati Nias Barat diharapkannya, marilah kita jaga dan rawat bersama semua potensi kebanggaan Bumi Aekhula seperti Batu Megalit dan situs-situs pariwisata lain yang dimiliki oleh kabupaten Nias Barat, agar daya tarik para turis semakin meningkat nantinya, ujarnya sambil mengakhiri.

Sembari mengakhiri kata arahan tersebut, Bupati Faduhusi Daely menyanyikan sebuah lagu kenangan dengan judul “HABUALANO”, sementara Kapolres Nias juga menyanyikan judul lagu “MEDOFI SITOLU RIBU”.

Kegiatan yang telah digelar ini juga dimeriahkan penampilan Tarian budaya dari Putri – Putri Pariwisata Nias Barat serta Pertunjukan Silat Tradisional Aekhula serta kegiatan menarik lainnya.
(Aperius Gulo)

Lewat ke baris perkakas