Minggu, 20 Januari 2019
Hukum

Polemik Tanah SDN – 1 Telukdalam: Kadisdik Sudah Lengkap Hibah, Jefri Gari Tanah Miliknya Belum Dihibahkan

Foto: Kadisdik Nias Selatan ketika dikonfirmasi, 27 September 2018
Foto: Gedung baru SD 071097 (SD- 1) Kota Telukdalam ketika ditanami pohon pisang
Foto : Kondisi halaman SDN 1 telukdalam yang dipenuhi tanaman bibit kelapa (12/09/2018/Globalniasindocom)
1.34Kviews

Nias Selatan, GlobalniasIndocom

Halaman SD Negeri 071097 atau SD 1 kota Telukdalam belum lama ini hijau bagaikan lahan kebun, telah dipenuhi tanaman bibit kelapa serta pohon pisang, selain jelek dipandang mata lebih prihatin lagi sangat mengganggu proses belajar mengajar.

“Menurut Kepala Dinas Pendidikan Nias Selatan bahwa surat hibah telah ada dan lengkap, menurut Jefri T. Gari pihaknya berani menanami bibit kelapa dan pohon pisang di halaman sekolah dengan alasan telah membeli tanah itu dari almarhum ipar kandungnya almarhum F. Maduwu (suami kakak kandungnya alm B.Gari), dan dia belum pernah menghibahkan kepada pihak Pemda Nias Selatan (baca tayangan berita 16 September 2018)”.

Konfirmasi (27/09/2018) wartawan Globalnias, di ruang kerjanya jalan Telukdalam – Lagundri, kilometer 7, (Yasatulö Lase) sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan gedung sekolah tersebut pada Tahun Anggaran 2017 yang lalu, beliau menjelaskan, surat hibah itu ada dasar hukumnya lengkap, beliau memberi ilustrasi dengan berkata apa mungkin bapak berani membangun rumah diatas tanah orang kalau tidak ada alas hak milik sama bapak ? tentu tidak, ujarnya.

Menurut Yasatulo Lase, yang menghibahkan tanah tersebut adalah almarhum (BASTIAN GARI) sebagai pemilik tanah dan ahli warisnya (SM) alias Ina Ronal Maduwu. Ditambahkannya, bahkan yang membuat surat hibah tersebut adalah (RM) dan (SG), ketika hari pengukuran (JEFRI GARi) hadir pada saat itu maka Pemda berani menyimpulkan untuk membangun gedung SD Negeri 1 di lokasi tersebut (Nari – Nari desa Nanowa – red).
Menanggapi pertanyaan wartawan, Kabid Program (Yasatulo Lase) menyebutkan, atas peristiwa ini saya prihatin dan heran mengapa ditengah tengah ini tiba – tiba ada Jefri Gari. Sayapun heran. Kita menunggu sampai dimana Jefri Gari melampiaskan amarahnya Pemda siap menghadapi dan menerima apa yang dimaksud Jefri Gari, tegasnya sambil mengakiri tanggapannya.

Selanjutnya, pada hari yang sama dan masih di kantor Dinas Pendidikan Nias Selatan, di ruang kerjanya, NURHAYATI TELAUMBANUA,S.Pd.,MM. Beliau menegaskan bahwa surat hibah itu sudah ada dan lengkap artinya tidak berbeda apa yang di utarakan oleh Yasatulo Lase.

Selain itu, terkait sumber anggaran pembangunan SD Negeri 1 tersebut, tahap pertama bersumber dari DAK 2017 dan pembangunan tahap kedua dari APBD Nias Selatan DAU Tahun Anggaran 2018, ujar Kadisdik Nias Selatan.
(S. Harefa. A.Gulö).

Lewat ke baris perkakas